RSS

Asyiknya mancing di Bogowonto




"No ... mulih sekolah bar mangan mengko mancing yuk, kowe ngampiri aku ya ... "

Sepenggal kalimat aku teriakan kepada Surono teman mainku. Aku dengan Surono sahabatan sejak kami masih dibangku sekolah dasar. kami tinggal di satu kampung, tetanggaan tempat kami berdua.
"No ... kita bakalan dapatkan ikan banyak, tuh kamu lihat meganya gambar sisik pertanda ikannya banyak" Karena mitos apa karena kebetulan tapi memang sering terjadi kalau mega nampak bergambar seperti sisik ikan, biasanya kami bisa mendapat hasil pancingan banyak.
Disungai Bogowonto tempat kami mancing. Diarea kedung Amba biasa kami melempar mata pancing yang sudah dicantolkan siput / bekicot yang sudah dikupas cangkangnya.

Sebaliknya dengan tanda mega dilangit, masih ada yang menentukan kami berangkat mancing. Diantaranya, kami diberi ijin oleh ibu, cuaca mendukung, dan yang sangat fatal kalau kami didalam perjalanan atau di saat kami sedang memancing kami temui ular, maka pasti kami memutuskan langsung batal dan kami pulang.

Mancing di Bogowonto jenis ikan yang biasa kami angkat ikan tawes, nila, sidat, sembilang pernah juga umpan dimakan bulus / kura sebesar piring makan.
Yang sangat menjengkelkan kalau para tentara dari Batalion 437 waktu itu sebelum berubah menjadi Batalion 412 melakukan pengeboman disungai. Pasti hari berikutnya kami akan sulit mendapat ikan. Saya harap sekarang tidak lagi seperti dulu, kalau masih mohon Pemda melarang tindakan pengeboman di sungai.


Ilustrasi gambar dari suntingan :
http://yukmancing.blogspot.com/
http://mbahngari.blogspot.com/search?updated-min=2010-01-01T00:00:00-08:00&updated-max=2011-01-01T00:00:00-08:00&max-results=4


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar